KASUS Wal Mart.Wal-Mart
Saluran
distibusi Wal Mart.Wal-Mart adalah perusahaan retail terbesar di dunia yang
melayani bukan saja pasar lokal tetapi telah terjun dalam pasar global, hal ini
terbukti bahwa Wal-Mart telah memiliki lebih dari 3.700 toko di Amerika Serikat
dan telah beroperasi di 144 negara. Salah satu keberhasilan Wal-Mart menjadi
perusahaan global adalah dengan penerapan sistem supply chain yang efektif dan
efisien yang didukung oleh infrastruktur dan teknologi informasi yang canggih,
sehingga penerapan strategi dalam menjual produk bermerek dengan harga rendah
dapat tercapai.
Salah
satu kunci utama efiesiensi distribusi adalah informasi. Wal-Mart merupakan
salah satu pengecer pertama yang melakukan investasi besar dalam tekhnologi
informasi. Wal-Mart melengkapi toko-tokonya dengan peralatan scanning
terkomputerisasi untuk cash register, dimana sistem ini memungkinkan Wal-Mart
untuk mengetahui apa yang dibeli pelanggan dan memberitahukan produsen arus
produksi dan kemana harus mengirimkan barang. Walt-Mart mewajibkan pemasoknya
untuk menghapalkan barang-barang yang sudah diberi label dan digantung,
sehingga dapat langsung dipindahkan ke ruang jual toko, sehingga mengurangi
biaya pergudangan dan pemrosesan data. Sebagai hasilnya, toko-toko Wal-Mart
menggunakan hanya 10% ruang mereka untuk penyimpanan, dibandingkan 25%
rata-rata ruang untuk bukan penjualan pada toko pesaing.
Hasil
lainnya dari sistem terkomputerisasi Wal-Mart mendesak untuk menghubungkan
komputernya langsung ke komputer produsen, mengabaikan pialang dan perantara
lainnya, dan meneruskan penghematan tersebut pada pelanggan, yaitu mereka mampu
untuk membelli dengan harga lebih murah, plus biaya logistik dan distribusi
yang lebih efisien. Tak heran jika mereka dapat membuktikan bahwa jika belanja
di Wal-Mart “Every Day Low Price”.
0 comments:
Post a Comment