RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMK WIRASWASTA CIMAHI
Mata Pelajaran :
PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN
Kelas/Semester : XII/ 5
Alokasi Waktu :
… x PERTEMUAN ( @ 6 jam)
Kompetensi Dasar : 3.8 dan 4.8
A.
Kompetensi
Inti
1.
Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis,
dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional
dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produk Kreatif
dan Kewirausahaan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.
Keterampilan
·
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai
dengan bidang kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Menampilkan kinerja
di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
·
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
· Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B.
Kompetensi
Dasar
1. KD pada KI pengetahuan
3.18 Menyeleksi strategi pemasaran
3 KD pada KI keterampilan
4.18Melakukan pemasaran
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Indikator
KD pada KI pengetahuan
Memilih beberapa
alternatif strategi pemasaran
Menganalisis
strategi pemasaran yang dipilih
2.
Indikator
KD pada KI keterampilan
Melakukan pemasaran melalui kegiatan promosi
Mempraktekkan
pemasaran produk melalui on line
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan
dapat :
1.
marketing mix
2.
marketing plan
3. strategi
pemasaran
4. menyusun
strategi pemasaran sesuai produk kompetensi dan jurusan yang diampu di sekolah
E. Materi Pembelajaran
(Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran)
1.
marketing mix
2.
marketing plan
3.
strategi pemasaran
4.
menyusun strategi pemasaran sesuai
produk kompetensi dan jurusan yang diampu di sekolah
F.
Pendekatan,
Model dan Metode
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan
saintifik (scientific). Pembelajaran
discovery (discovery learning)
menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning).
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi waktu |
Pendahuluan |
1.
Siswa masuk
dalam aplikasi zoom meeting melalui link yang
ditentukan guru. (TPACK) 2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh
salah seorang siswa. (Untuk menyegarkan suasana, guru dapat
menanyakan tanggal hari ini. Misalnya tanggal 1 Maka mintalah siswa
dengan nomor absen
17 untuk memimpin doa). (PPK) 3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab
pentingnya mengawali setiap
kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. (PPK) 4.
Mintalah siswa
untuk memeriksa kerapian diri dengan cara menyuruh siswa
untuk berdiri pada saat PJJ. (PPK) 5.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap
syukur, kerja sama, teliti dan percaya diri yang
akan dikembangkan dalam pembelajaran. (PPK) 6.
Siswa untuk
absen pada di link gooogle
fom dan kemudian guru melakukan cek absensi lewat google form.
(TPACK) 7.
Peserta didik diberi motivasi untuk membaca bahan
ajar (melalui link (Literasi).(TPACK) |
20
menit |
Inti |
1.
Oreintasi kepada masalah a.
Siswa mengerjakan pre test pada
halaman link halaman
edmodo) terkait materi
kepada siswa. (scientific-menalar, TPACK) 2.
Mengorganisasikan peserta
didik untuk belajar. a.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang semua kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar serta garis
besar materi yang akan disampaikan guru lewat ppt dengan
media zoom meeting. (4C Communication, TPACK). 3.
Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok. 1.
Siswa diberi
kesempatan untuk membuka LKPD individu
melalui link kemudian siswa diajak
untuk mengidentifikasi manfaat dan tujuan mempelajari marketing mix dan stategi pemasaran. sebuah kasus.
(HOTS/TPACK/ Scientific-menalar). 2.
Siswa membuat kelompok dan mengerjakan LKPD
melalui link yang disediakan (Scientific/mengamati, TPACK). 3.
Peserta didik
diberi kesempatan membuka
melalui link yang disediakan kemudian mengamati video
dan mengidentifikasi STATEGI PEMASARAN. (Scientific/mengamati, TPACK,) 4.
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya a. Setelah selesai
siswa mempresentaskan hasil
LKPD tersebut kemudian menguplod di google
class room melalui
link (Scientific/mengamati, TPACK) 5.
Menganalisis dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah a.
Siswa mengerjakan soal post
test melalui halaman (Creativity-4c, Scientific –Menalar, TPACK) b.
Peserta didik
dan guru membuat
kesimpulan tentang hal-hal
yang telah dipelajari terkait STRATEGI PEMASARANPeserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami (Creativity-4c/ Scientific- communication) |
230
menit |
Penutup |
1. Peserta didik merefleksikan pengalaman belajar melalui
halaman link yang disediakan (TPACK) 2. Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan
berdoa. (PPK) |
20
menit |
I.
Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
(online) dan Penugasan
Penilaian Sikap : Observasi dengan
instrument sikap
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/
Praktik
Mengetahui, Kepala SMK
Wiraswasta Cimahi
Drs. H. Yoyo Suharyo NIP. |
Cimahi, Januari 2020 Guru Mata Pelajaran PKK
Mahfudz Syachroni NIP |
0 comments:
Post a Comment